PRODUK DAN BRAND


PRODUK DAN BRAND

Perlu kita ketahui juga sebelumnya Merek dan produk adalah dua istilah yang sangat berbeda dan sering kita jumpai umumnya dalam pemasaran. Berikut ini penulis akan mengulas sedikit tentang Produk dan Brand agar kita semakin memahi tentang dua istilah ini.
 Pengertian :
Produk adalah barang atau jasa atau kombinasi dari keduanya yang disediakan oleh perusahaan di pasar untuk dijual kepada konsumen. Itu bisa dalam bentuk fisik atau non-fisik.
Brand adalah image atau persepsi yang diberikan oleh seseorang pada bisnis atau perusahaan. Istilah brand ini juga seringkali disebut dengan merek.
KLASIFIKASI PRODUK :
Salah satu teknik yang cukup bagus untuk memahami produk adalah Aspinwall Classification System. Yang mengelompokkan produk menggunakan lima variabel penilaian :
  • Replacement rateSeberapa sering produk tersebut dipesan ulang oleh pengecer
  • Gross marginBerapa besar rata-rata keuntungan yang dihasilkan oleh tiap produk
  • Buyer goal adjustmentSeberapa besar rentang segmen konsumen yang bisa dicapai
  • Duration of product satisfaction Seberapa lama produk tersebut bermanfaat bagi pembeli
  • Duration of buyer search behaviourBerapa lama konsumen tetap mencari dan membeli produk
 
CARA MEMILIH NAMA BRAND :
Menurut Philip Kotler produsen yang ingin mencantumkan merek pada produknya akan menghadapi beberapa pilihan stategi pemberian nama merek, yaitu :
1. Mudah Di Ingat (Memorable) 
Artinya merek yang dipilih hendaknya yang mudah diingat, dikenali, dan  disebut/diucapkan. 
2.  Memiliki makna (Meaningfull)
 Artinya elemen merek hendaknya mengandung sebuah makna maupun penjelasan/ deskripsi dari produk. 
3. Menarik dan lucu (Likeable) 
untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan variasi merek yang unik, lucu, pemilihan elemen yang kaya akan visualisasi dan imajinasi.
4. Fleksibel
Artinya elemen merek dapat dimengerti dan tetap dapat diterima oleh daerah/pasar, bahkan budaya lain. 
5. Legal (Protectable)
Artinya brand tersebut sah menurut hukum dan undang–undang yang berlaku, sehingga berada di bawah perlindungan hukum.  

Menurut Kotler, merek dapat dibedakan menjadi tiga pengertian, yaitu:
1.   Brand name adalah bagian dari merek yang bisa dilafalkan.  

2.   Brand mark adalah suatu simbol atau desain yang digunakan untuk memberikan identitas pada produk atau untuk membedakannnya dengan produk lain.

3.   Trade character adalah brand mark yang mengambil bentuk fisik atau sifat manusia
 

Komentar